aku harus mencintai negeri ini

 AKU HARUS MENCINTAI NEGERI INI

Aku harus mencintai negeri ini
mendirikan rumah setia dan bahtera semangat
dengan apa diriku
dengan segala ukir sayangku
aku tak pernah berada pada tangga sejarah
mereka membina tugu dan mendirikan menara
aku tak pernah berada di pintu nestapa
nanar mengusung getir mengunyah payah
jalan yang dipenuhi belulang ketakutan
sungai mengalir darah pengorbanan
huma tumbuh padi kemiskinan
dada basah oleh air mata.

Aku harus bertanya lagi
bagaimana segala ini terjadi
jalan terbentang, bangunan menggapai langit
ladang dan jentera makmur
sentosa dan hidup bersama
sedang ibu ayahku
hanyalah seorang petani kerdil
dengan sebidang sawah
mengapa pula nenek dan datukku
tak menerima semua itu
dan ayah ibuku mewarisi genggam kesulitan
tapi aku keluar dari lumpur kejahilan
hidup dalam danau bahagia
limpah sentosa.

Negeri ini telah memberi anugerah bahagia
dan nilam sejahtera
dan tak ada lain dari tanah ini
dapat kupanggil
negeri.




Comments