8 Jun 2018

pengertian teater

Pengertian Teater, Erti, dan Unsur-Unsurnya
Muhammad Yunus -




Pernahkan anda melihat pertunjukan drama di atas panggung yang sederhana dengan setting latar yang detail? Hal itu disebut teater, seni pertunjukan drama yang bertujuan untuk menghibur penonton. Kali ini Bela Pendidikan akan menjelaskan tentang pengertian teater, arti, unsur, dan segala hal yang harus di ketahui tentang teater.

Pengertian Teater

Menurut istilah, teater berasal dari theatron dari Yunani dengan arti “Tempat untuk menonton”. Dalam bahasa Inggris, teater disebut sebagai theater atau theatre. Dalam bahas Prancis, teater disebut théâtre.

Teater adalah drama, tepatnya nama lain dari drama. Namun, dalam pengertian yang lebih luas, teater adalah seni petunjukan atau proses pemilihan naskah kemudian di sajikan diatas pentas dan di proses oleh audience seperti pembaca, pendengar, penonton, kritikus, pengamat, dan peneliti. Drama yang diubah ke teater disebut sebagai berteater.

Erti Teater

Arti dari teater bisa diartikan dalam dua arti, arti sempit dan arti luas. Arti luas dari teater adalah drama, kisah hidup sang tokoh yang di pentaskan diatas panggung dan ditonton oleh banyak pasang mata.


Dalam arti sempit, teater adalah pertunjukan yang di perlihatkan ke banyak orang seperti misalnya ludruk, wayang orang, ketoprak, dan lainnya. Secara etimologis, teater adalah auditorium atau gedung/panggung pertunjukan.
Unsur-Unsur Teater

Dalam teater, ada beberapa unsur yang harus ada di dalam suatu pertunjukan teater. Tanpa adanya unsur-unsur ini, teater tak akan berjalan dengan sempurna. Berikut ini adalah beberapa unsur-unsur dari teater:

Sutradara

Sutradara adalah seseorang ahli yang memimpin jalannya sebuah teater. Tak hanya teater, sebutan sutradara juga di pergunakan dalam berbagai pembuatan produksi. Mereka adalah pengontrol sekaligus penanggung jawab atas apa yang mereka pimpin.

Pemeran

Orang yang akan melakukan pentas di atas panggung disebut sebagai pemeran. Biasanya pemeran erbagi atas 3 jenis, peran utama, pembantu, dan tambahan. Untuk di film, pemeran lebih di kenal sebagai actor atau aktris untuk perempuan.

Properti

Property adalah alat atau perlengkapan untuk menungjang drama teater lebih hidup. Contohnya adalah kursi, meja, dekorasi, dinding, dan berbagai macam lainnya.

Penataan

Penataan menjadi bagian yang penting untuk sebuah teater agar terlihat lebih bagus. Penataan memiliki empat bagian yaitu tata rias (Dandanan emeran), tata busana (Kostum pemeran), tata lampu (Pencahyaan panggung), dan tata suara (Pengeras suara dan lainnya).

Akting Bagus, Teater Sukses

Percuma jika tata panggung sangat indah tapi tidak untuk acting si pemeran. Untuk sebuah acting yang akan di pentaskan memang memerlukan banyak latihan, berikut ini adalah hal penting yang harus di kuasai oleh pemeran untuk mendapatkan acting yang bagus:

  1. Dialog, pengucapan yang di lakukan oleh pemeran yang harus lantang, jelas, mudah dipahami, dan di hadi hayati.
  2. Gerak, respon tubuh pada cerita teater dengan baik mencakup gerakan harus lah terlihat, mencolok, jelas, dimengerti, dan menghayati.
  3. Improvisasi, hal ini harus lah di kuasi oleh setiap pemeran, tidak hanya bagi pemeran teater, bagi mereka yang berkecimpung di dunia acting harus lah paham betul tentang improvisasi, yaitu gerak, dialog, dan kekreatifitas yang ditampilkan tanpa persiapan di atas pentas.
Pengertian teater, jenis, unsur, dan arti teater diatas semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang apa itu teater dan mungkin tertarik untuk mencoba. Jika Anda memiliki bakat acting bisa mencoba berteater.

belapendidikan

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 mimbar kata, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena