Indah Belitung

Belitung Maldives Indonesia



KEJERNIHAN air laut berwarna biru, pasir putih di pesisir pantai dan udara yang segar menjadikan pulau-pulau di Belitung dikenali sebagai salah sebuah destinasi pelancongan menarik untuk dikunjungi di Indonesia.

Ia bukan sahaja mampu memberikan ketenangan malah sesuai untuk para pengunjung melakukan pelbagai aktiviti sukan air seperti berenang, memancing, menyelam skuba, bersnorkel dan meluncur.

Terdapat beratus-ratus pulau kecil dan sederhana di sekitar Belitung yang tidak berpenghuni serta dihiasi terumbu karang dan ukiran abstrak semula jadi batu granit untuk diterokai pengunjung.

Pembangunan sektor pelancongan yang memberangsangkan itu dijangka mampu menambah sumber pendapatan masyarakat setempat, menarik lebih ramai pelancong asing dan seterusnya menjana ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Justeru, Menteri Pelancongan Indonesia, Arief Yahya menggalakkan penduduk Belitung melibatkan diri dalam pembangunan pelancongan di pulau berkenaan.

Menyedari terdapat beberapa halangan seperti kekurangan infrastruktur, Arief berjanji pemerintah pusat akan memberikan bantuan bagi merealisasikan Belitung sebagai sebuah destinasi pelancongan terkenal.

Beliau turut menggesa penduduk dan pengunjung pulau berkenaan supaya memelihara serta menjaga keindahan persekitaran pulau terbabit bagi memastikan sumber alam semula jadi dapat terus dikekalkan.

Pusat pelancongan

“Peliharalah alam sekitar seperti slogan pelancongan iaitu semakin banyak alam sekitar dipelihara semakin banyak kekayaan akan diperoleh oleh rakyat,” katanya.

Beliau turut berharap Belitung suatu hari nanti akan menjadi seperti pusat pelancongan terkenal dunia iaitu Maldives sekali gus dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Jelasnya, sektor pelancongan Maldives mampu menjana 300 kali ganda daripada pendapatan yang diperoleh oleh rantau Belitung.

“Impian saya satu hari nanti Belitung akan menjadi seperti Maldives dari segi pelancongan, sekali gus membolehkan ia digelar sebagai Maldives Indonesia.

“Belitung boleh menjadi seperti Maldives kerana industri pelancongan memainkan peranan penting dalam menjana pertukaran mata wang asing ke dalam negara,” ujarnya yakin.

Keindahan pantai yang bersih dan air yang jernih di Maldives menjadikan ia sebagai salah sebuah destinasi terbaik dunia bagi aktiviti menyelam.

Malah, menurut kajian global yang dijalankan oleh Agoda.com, Maldives turut dilaporkan sebagai lokasi pilihan bagi pasangan untuk berbulan madu.

Beliau turut optimis sektor pelancongan di Belitung mampu menarik sekurang-kurangnya satu juta pelancong dengan setiap daripada mereka berbelanja kira-kira AS$2,000 (RM8,500) seorang.

“Melalui cara ini, pendapatan perkapita penduduk Belitung boleh mencecah AS$10,000 (RM43,000) atau dua kali ganda daripada rakyat Indonesia lain,” tambahnya.

Sementara itu, Pengurus Batu Mentas Taman Semula Jadi, Budi Setiawan berkata, pemerintah tempatan Belitung turut merancang untuk membangunkan destinasi pelancongan bersepadu di Batu Mentas, daerah kecil Badau, bagi menarik lebih ramai pengunjung.


PENGUNJUNG menggunakan bot getah untuk menikmati keindahan Batu Mentas, Belitung.

Katanya, salah satu objektif utama projek pelancongan bersepadu itu adalah untuk memastikan penduduk tempatan terlibat dalam pembangunan pelancongan dan meningkatkan ekonomi mereka.

“Batu Mentas ialah sebuah destinasi pelancongan baharu yang sedang dibangunkan.

“Kita tidak mahu rakyat tempatan ketinggalan dalam pembangunan pelancongan Belitung. Kita mahu mereka mengambil bahagian dalam hal ini,” ujarnya.

Tambahnya, rancangan untuk membangunkan Batu Mentas sebagai destinasi pelancongan bersepadu di Belitung bermula pada tahun 2011.

“Kawasan ini menawarkan pendidikan hidupan liar dan pengunjung boleh menikmati suasana kawasan perlindungan hidupan liar pada waktu malam dengan menyaksikan haiwan asal Belitung,” katanya.

Ujarnya, Batu Mentas juga boleh berfungsi sebagai taman tema semula jadi. Pengunjung dapat melibatkan diri dalam aktiviti meredah hutan dan berkhemah.

“Pelancong juga dapat mengajar bahasa Inggeris kepada anak-anak tempatan sambil belajar tentang kraf tangan tempatan di bengkel cenderamata di Batu Mentas,” jelasnya.

Belitung terdiri daripada banyak pulau yang mempunyai pantai indah, pasir putih, air jernih dan landskap yang unik.

Pulau itu terkenal dengan batu granit dan pantai batu putih seperti di Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Tanjung Binga dan Pulau Lengkuas.

Kapal korek

Keindahan alam semula jadi yang diserikan oleh beratus-ratus pulau kecil lain itu turut menambahkan keindahan kawasan pelancongan Belitung.

Namun, kehadiran kapal korek yang dikendalikan oleh syarikat perlombongan bijih timah di perairan Belitung mengancam sektor pelancongan di pulau-pulau sekitarnya.

“Pulau Belitung telah dibangunkan sebagai destinasi pelancongan kebangsaan ketiga selepas Bali dan Lombok,” menurut tokoh politik Bangka-Belitung, Antonius Uston.

Bagaimanapun, beliau melahirkan kekesalan dengan kehadiran kapal korek bijih timah di Belitung kerana ia bakal mengancam kehidupan marin dan produk pelancongan semula jadi di sana.

“Kerja-kerja perlombongan bijih timah yang dikendalikan oleh PT Timah membahayakan ekosistem marin dan terumbu karang yang terkenal sebagai objek pelancongan maritim di pulau-pulau Belitung,” ujarnya Antonius.

Menurutnya, PT Timah perlu menghentikan operasi perlombongan kerana kehadiran kapal-kapal itu akan merosakkan persekitaran semula jadi dan keindahan laut di kawasan berkenaan.

Seperti negara-negara membangun yang lain, pelancongan di Indonesia telah terbukti dapat menyumbang kepada pertumbuhan ekonomi, mengurangkan kadar kemiskinan dan pengangguran dalam negara tersebut.

Indonesia juga telah menetapkan sasaran tinggi untuk pertumbuhan pelancongan pada tahun ini bagi merealisasikan negara itu sebagai salah sebuah destinasi pelancongan antarabangsa terkemuka.

kosmo


Wisata Bangka Belitung, Batu Berserakan Menarik



Kepulauan Bangka Belitung yang berada di sebelah timur Sumatera merupakan provinsi baru dengan keindahan tempat wisata alam khas laut. Jika dahulu pulau-pulau ini dikenal dengan tambang timah, seiring berjalannya waktu, potensi pariwisata di sini berkembang pesat akibat keberadaan batu yang tercecer berserakan di tepi laut. Batu granit berbagai ukuran, bahkan ada yang setinggi gedung, menjadikan kawasan ini sangat eksotis sebagai oyek fotografi. Keberhasilan film “Laskar Pelangi” menjadikan popularitas pulau Belitung melejit sebagai destinasi liburan yang diperhitungkan. Begitu pula dengan wilayah Bangka, keberadaan resort yang mewah di sini, yang merupakan group dari salah satu maskapai penerbangan, cukup sukses mempopulerkan daerahnya. Obyek wisata di kedua pulau ini sangat layak anda jadikan tujuan liburan dalam waktu dekat.

Apa saja objek menarik yang dapat anda kunjungi di provinsi Babel ini? Silakan baca ulasan berikut:

Pulau Belitung

Pantai Tanjung Tinggi. Keindahan wisata pantai pasir putih dengan gugusan batu granit yang menjulang bak gedung-gedung tinggi yang tercecer berserakan di kawasan ini sangat populer. Banyak wisatawan yang menganggap wajib untuk berkunjung ke obyek andalan Bangka belitung ini. Paket liburan yang ditawarkan oleh agensi pasti menjadikan Tanjung Tinggi sebagai destinasi utama. Pasir putih yang menawan seolah mengingatkan kita kepada keindahan Senggigi Lombok. Yang membedakan adalah gugusan batu granit yang berserakan di tepi laut.

Tanjung Tinggi

Pulau Lengkuas. Ikon mercusuar tua yang ada di pulau Lengkuas merupakan pengalaman wisata yang mengagumkan yang menawarkan keindahan pulau Belitung dari atas. Selain melihat pemandangan sekitar, gugusan kepulauan Bangka bagaikan garis putih juga terlihat di kejauhan. Untuk mengunjungi mercusuar ini, anda perlu menyeberang dengan perahu menuju pulau Lengkuas selama kurang lebih 45 menit. Inilah bedanya dengan mercusuar di pantai Anyer yang berada di daratan di tepi pantai, bukan di sebuah pulau tersendiri.


mercusuar pulau lengkuas

Gosong pulau pasir. jika anda ingin menyeberang ke Lengkuas, maka anda akan menemukan gosong pasir putih (daratan kecil yang menyembul di laut). Apakah keistimewaan satu-satunya gosong pasir putih di wilayah provinsi ini? Lokasi ini merupakan rumah bintang laut yang besar-besar. Sebaiknya anda datang ke sini sebelum sore hari karena onggokan pasir putih akan tertutup air laut yang pasang di sore hari. Jenis bintang laut yang ada di gosong ini berukuran besar dan keras. Tetapi anda tidak perlu kuatir karena mereka cukup jinak dan sangat menarik dijadikan teman berfoto saat berwisata di kepulauan ini.


Gosong Pasir Putih

Vihara Dewi Kwan Im. Usia tempat ibadah ini sudah mencapai ratusan tahun dan tertua di wilayah Bangka Belitung. Lokasinya berada di desa Burung Mandi, Manggar. Kehadiran wisatawan ke sini karena mendengar kejadian ajaib yang menyertai keberadaan Vihara ini. Yaitu adanya patung Buddha Bodhisttwa yang menyembul di permukaan laut. Lalu masyarakat setempat membangun Vihara ini. Perbedaan dengan vihara Gunung Timur yang merupakan obyek wisata di Medan adalah dalam hal luas area. Yang di Sumatera Utara memang lebih luas.

Vihara Dewi Kwan Im

Tanjung Kelayang. Pantai indah ini berada sekitar 27 KM di sebelah utara Tanjung Pandan, Belitung. Masih menawarkan keindahan batu granit yang tercecer di laut, terutama dengan keberadaan batu Garuda yang menjadi ikon unik Tanjung Kelayang. Batu alami yang sangat besar di tengah laut tersebut sangat menyerupai kepala burung. Apalagi di kawasan ini sangat banyak beterbangan burung kelayang (sriti).

Tanjung Kelayang

Pulau bangka

Pantai Parai Tenggiri. Sebuah obyek wisata yang sangat populer dengan kebersihan dan penataan yang kawasan yang sungguh tepat. Lokasinya berada di desa Sinar Baru dengan jarak 30 KM di utara kota Pangkalpinang, Bangka. Jika anda berkunjung ke tempat indah di Babel ini, disarankan menginap di resort yang super lengkap prasarananya termasuk water sport. Keamanan, kenyamanan dan rekreasi lengkap bagi wisatawan menjadi hal utama yang ditawarkan oleh Parai Beach Resort. batu-batu granit seperti di Belitung juga ditemukan di kawasan ini. Jika anda pernah berkunjung ke pantai Tanjung Lesung Banten, maka suasana resort mewah yang ada di sini sangat mirip.


Pantai Matras. Tempat wisata ini cukup unik karena seolah terbagi menjadi dua zona. yaitu zona utara yang merupakan hamparan pasir putih dan zona selatan yang berupa gugusan bebatuan indah. Nama lain obyek ini adalah pantai surga. Tempat ini sangat pantas menyandang nama alias tersebut, karena keindahan tiada tara yang ditawarkannya. Matras merupakan pantai pasir putih terpanjang di Bangka Belitung. Lokasinya berdekatan dengan parai, sekitar 40 KM dari Pangkalpinang.


Pantai Matras

Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali. Tujuan wisata Bangka yang cukup tua dan ditemukan sejak zaman penjajahan kompeni. Berendam di pemandian air panas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit anda. Kandungan belerang dengan bau yang khas merupakan zat yang mampu menyegarkan diri dari kepenatan. Obyek ini cukup mudah dicapai, yaitu sekitar 20 KM dari kota Sungailiat. Yang menarik dari tempat ini adalah penataan kolam bagikan waterpark modern yang lengkap dengan luncuran. Hal ini berbeda dengan pemandian air panas Cimanggu yang hanya berupa kolam rendam biasa.


Tirta Tapta Pemali

Pantai Tanjung Pesona. Lokasi tempat wisata indah ini berada di desa Rambak, berjarak sekitar 9 KM dari kota Sungailiat di provinsi Bangka Belitung. Kawasan indah ini juga menawarkan pesona bebatuan granit yang berserakan di tepi pantai. Apalagi ditambah dengan jembatan dermaga yang eksotis dan unik, menambah suasana pantai semakin indah. Water sport juga tersedia di hotel yang ada di Tanjung Pesona ini.


Tanjung Pesona

Saran dan Tips

Sebelum anda mengunjungi propinsi ini, sebaiknya baca terlebih dahulu tips wisata yang kami sampaikan di bawah, yaitu:

Karena sebagian besar obyek menarik berbentuk pantai, pastikan membawa baju yang cukup karena anda akan berbasah-basah di sini.

Bila perlu, lengkapi peralatan fotografi anda dengan tripod dan underwater camera.
Kebanyakan paket wisata yang ditawarkan ke tempat ini memisahkan antara kunjungan ke pulau Belitung dan kunjungan ke Bangka. Walaupun keduanya masih dalam satu provinsi Babel. Jika anda ingin mengunjungi keduanya, sebaiknya diawali dengan berkunjung ke pulau Bangka lalu setelah menginap beberapa hari, anda bisa menggunakan kapal untuk berkunjung ke Belitung. Memang, jika ingin mencarter kapal untuk rombongan sendiri biayanya cukup mahal.

Sebagian besar akomodasi tidak berada di tepi pantai. Jadi pastikan anda menggunakan yang lengkap atau menyewa mobil untuk mengunjungi obyek-obyek yang indah di provinsi ini.
Bandara di Bangka bernama: Depati Amir, sedangkan yang ada di Belitung adalah Hanandjoeddin Tanjung Pandan. Jangan sampai tertukar karena kedua pulau ini letaknya cukup berjauhan, dan penerbangan yang menghubungkan keduanya belum banyak.

Demikianlah informasi tempat wisata yang sebagian besar berupa obyek pantai yang sangat eksotis karena keberadaan ribuan batu granit yang berserakan di wilayah Bangka Belitung, di negara Indonesia. Ke depannya kami akan mengulas secara terpisah obyek menarik di masing-masing pulau karena semakin banyak ditemukan tempat baru yang menarik di wilayah ini.

wisatania










Bangka Belitung


Bangka-Belitung is one of Indonesia provinces. It includes two large islands, Bangka and Belitung, and several smaller ones, which lie east of Sumatra, northeast of South Sumatra province. Bangka Belitung (BABEL) Islands province is the 31st Province in Indonesia, one of the newest provinces. Bangka Belitung get it’s approved as a new province in 2001 separated with south Sumatra. That acknowledgement is because of the people struggle. The region that was a great tin mines, now already to reach the new phase in its life. It provisioned with the beautiful of nature, and the uniquely of culture, Bangka Belitung step to the better future.

Supported by the “Serumpun Sabalai” spirit and abundant natural resources, it has been expecting a greater role to speed up the island region's development, namely Bangka regency, Belitung regency and Pangkal Pinang city through cooperation development. That potency of culture and tourism is also supported by its strategic location that can connect with other interesting area. The sea transportation that become the most accessibility in Bangka Belitung Island, is support its economics activities among the Islands.

The richness of Bangka Belitung Island of nature and tin mines until its maritime rich, make Bangka Belitung a magnet for the new comers to get a better life. A Balinese countryside is found in this Island named Giri Jati village, complete with all of Bali culture that remembering us to Bali Island. Beside Bali tribe, we also can found Bugis tribe that adds the various cultures in Bangka Balitung Island. This Bugis tribe can be found in the fishermen village at Tanjung Binga. Otherwise, the original tribe, Melayu culture has strong influence in the traditional ceremony and religious ceremony. One of the ceremonies is Rebo Kasan Ceremony that done by Air Anyer village people. It is believed that one day of a year, the God give His 320,000 angels in the world. The people must together to pray. This ceremony was held in the beach, but now on, it held in the mosque then continued to the beach. Formerly, this ceremony become the people party with its star party is ‘Dambus’ art.

Geographically

Bangka Belitung province is located between 104°50' - 109°30' East Longitude and 0°50' - 4°10' South Latitude, with its total area of 81,724.54 km.

Administrativelly

Administrativelly, Bangka Belitung comprises of 2 regencies and 1 city, namely Bangka regency, Belitung regency and Pangkal Pinang City, of which, the biggest regency's area is Bangka regency with 11,534.14 km area, and the smallest is Pangkal Pinang City, with 89.40 km area.

Climate

There are two seasons that are suitable for sailing to these islands: February-March and October-November, when the wind and the waves are low. The heaviest rainfall is around 2,500 mm per annum with its average temperature between 25°C - 26°C.

Population

In 2001, Babel's population was 920,729 consisted of 462,640 men and 458,089 women. The biggest population among the regencies was Bangka regency, 583,841 people, while the most density population was Pangkalpinang City, with its 1,396 people/km. In 2001, the growth of population reached 1.49 % per annum averagely. Labor. In 2000, its labor force recorded as many as 100,825 people.

Comments

Post a Comment